Sedikitnya
ada dua faktor besar dalam ke berhasilan kurikulum 2013. Pertama,
penentu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
(PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang
terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan
sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum; (ii)
penguatan peran pemerintah daam pembinaan dan pengawasan; dan (iii)
penguatan manajemen dan budaya sekolah.
Berkait
dengan faktor pertama, Kemdikbud sudah mendesain strategi penyiapan
guru sebagaimana digambarkan pada skema penyiapan guru yang
meibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat
terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widyaswara, guru inti,
pengawas, kepala sekolah; guru utama meiputi guru inti, pengawas,
dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata
pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada
diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberi perhatian
khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan kurikulum 2013,
yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi
sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung
tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri
terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.
Kesiapan
guru lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru
menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong
peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya,
bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang
mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi
pembelajaran.
Melalui
empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap,
ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif,
inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan besar di dalam
mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru
ke depan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap
perubahan.
No comments:
Post a Comment