Wednesday 22 November 2017

Kegiatan Membaca Terbimbing

“Saya merasa senang belajar membaca bersama bu Guru dan teman-teman. Saya bisa menebak kata, menyebutkan isi gambar dan bercerita tentang makanan kesukaan. Aku juga tau manfaat sarapan dan manfaat makanan bagi tubuh” kata Febian, siswa kelas I MI Miftakhul Ulum Kalibanger Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah dan teman-temannya  ketika mengikuti kegiatan membaca terbimbing.

Sebelum kegiatan dimulai guru mengkondisikan kelas dengan memilih 6-7 siswa untuk mengikuti kegiatan membaca terbimbing, siswa yang lain mengerjakan tugas untuk mewarnai gambar yang telah disediakan.Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan kegiatan dengan mengajukan pertanyaan tentang menu sarapan tadi pagi. Guru menyampaikan tujuan kegiatan: Di kegiatan membaca ini diharapkan siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi teks bacaan dan menyebutkan makanan kesukaan serta alasan mengapa menyukai makanan tersebut kepada pasangannya. Siswa  diminta duduk pada tempat yang telah disiapkanGuru membimbing siswa dalam membaca terbimbing dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, memprediksi isi buku, memprediksi kata, mencari kosa kata baru, memahami isi gambar, menyusun kalimat sederhana dan menyampaikan pendapat tentang pengalaman pribadi yang sesuai dengan isi buku. Siswa juga memberikan komentar terhadap pengalaman temannya. Kegiatan ditutup dengan kegiatan tindak lanjut berupa mengerjakan LKPD yang sudahdisediakan.



“Kegiatan membaca terbimbing ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca bagi para siswa baru. Dengan kegiatan ini, guru dapat menentukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran karena membaca merupakan modal awal yang sangat penting dalam proses  pembelajaran di berbagai mata pelajaran.”
Jelasnya.



No comments:

Post a Comment

  BULETIN MADRASAH  Buletin ini kami buat untuk bahan bacaan bagi para pembaca terutama siswa-siswi kami.