“Saya merasa senang belajar
membaca bersama bu Guru dan teman-teman. Saya bisa menebak kata, menyebutkan
isi gambar dan bercerita tentang makanan kesukaan. Aku juga tau manfaat sarapan
dan manfaat makanan bagi tubuh” kata Febian, siswa kelas I MI Miftakhul Ulum
Kalibanger Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah dan
teman-temannya ketika mengikuti kegiatan
membaca terbimbing.
Sebelum kegiatan dimulai guru mengkondisikan
kelas dengan memilih 6-7 siswa untuk mengikuti kegiatan membaca terbimbing,
siswa yang lain mengerjakan tugas untuk mewarnai gambar yang telah
disediakan.Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum
melaksanakan kegiatan dengan mengajukan pertanyaan tentang menu sarapan tadi
pagi. Guru menyampaikan tujuan kegiatan: Di kegiatan membaca ini diharapkan
siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi teks bacaan dan menyebutkan makanan
kesukaan serta alasan mengapa menyukai makanan tersebut kepada pasangannya. Siswa diminta duduk pada tempat yang telah disiapkan. Guru membimbing siswa dalam membaca
terbimbing dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, memprediksi isi buku,
memprediksi kata, mencari kosa kata baru, memahami isi gambar, menyusun kalimat
sederhana dan menyampaikan pendapat tentang pengalaman pribadi yang sesuai
dengan isi buku. Siswa juga memberikan komentar terhadap pengalaman temannya. Kegiatan
ditutup dengan kegiatan tindak lanjut berupa mengerjakan LKPD yang sudahdisediakan.
“Kegiatan membaca terbimbing ini bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca bagi para siswa baru. Dengan
kegiatan ini, guru dapat menentukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran
karena membaca merupakan modal awal yang sangat penting dalam proses pembelajaran di berbagai mata pelajaran.”
Jelasnya.
No comments:
Post a Comment