Tuesday 20 January 2015

BTN/PT Pos siap salurkan Dana BOS

Bank Tabungan Negara (BTN) bersama dengan PT Pos Indonesia bersiap menyalurkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke beberapa sekolah. Kesiapan itu diwujudkan dalam Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Penyaluran Dana BOS di kantor Kementerian Agama Kanwil Jateng Jalan Sisingamangaraja. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Wilayah Bank BTN Jateng-DIY, Bali, NTT dan NTB, Nasril bersama Kepala Kanwil Kementerian Agama Jateng Ahmadi disaksikan pula Kepala Kantor Pos Regional VI Jateng-DIY Bagja Ardi Mustawan.

Tercatat, total sebanyak 6.144 sekolah di bawah naungan Kanwil Kemenag Jateng. Sementara, sebanyak 3.965 sekolah di wilayah Semarang dan Solo. Di wilayah Semarang dan Solo termasuk di dalamnya karesidenan Pati, Semarang, Kedu dan Surakarta.

Sekolah diminta untuk membuka rekening BTN. Penyaluran bisa melalui seluruh kantor cabang dan kantor pelayanan BTN atau ke kantor pos terdekat. Pertama-tama kepala atau bendahara sekolah menunjukkan buku rekening untuk melakukan penarikan uang tunai.

Dijadwalkan, penyaluran dana BOS untuk tingkat SD dan SMP terbagi dalam empat tahap dalam setahun atau tiga bulan sekali. Sementara, untuk tingkat SMA pencairan dana BOS dijadwalkan dua tahap dalam setahun atau per semester.

Kepala Kantor Pos Regional VI Jateng-DIY Bagja Ardi Mustawan menuturkan, kerja sama ini memudahkan sekolah dalam penarikan dana BOS. Selama ini Kantor Pos memiliki jaringan yang luas sampai kecamatan. Jangkauan kantor pos tersebar di 35 kantor pos se-Jateng dan beberapa agen di kantor kecamatan sebanyak 525.

Kemenag memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan BTN dan Kantor Pos sebagai penyalur dana BOS. Kerja sama diharapkan dapat meminimalisir munculnya permasalahan dalam penyaluran dana BOS serta memperbaiki administrasi pengelolaan dana BOS terhadap hasil audit internal maupun eksternal.


Untuk mempermudah pembuatan rekening tersebut, Kemenag Kab. semarang dan BTN-Pos mengadakan sosialisasi serta penyerahan buku rekening. Penyerahan buku tabungan ebataraPos oleh BTN/kantor Pos kepada Madrasah penerima BOs dilaksanan 2 tahap yaitu pada hari senin 19 Januari 2015 dan selasa 20 januaru 2015. Penyerahan di aula Kemenag Kab Semarang mulai pukul 13.00WIB.

Peserta yang hadir dalam penyerahan buku tabungan harus kepala madrasah beserta bendahara dan tidak boleh mewakilkan.






No comments:

Post a Comment

  BULETIN MADRASAH  Buletin ini kami buat untuk bahan bacaan bagi para pembaca terutama siswa-siswi kami.