Monday 23 February 2015

Pemutakhiran Data Emis Semester Genap 2014/2015

Pemutakhiran data EMIS baik tingkat RA, MI, MTs, MA dan Pengawas TP 2014/2015 sudah siap untuk dimulai berdasarkan surat pengantar dari Dirjen Pendis nomor : DJ.I/Set.I/0T.01.1/526/2015. Dalam surat pengantar tersebut dijelaskan bahwa Pemutakhiran data EMIS Semester Genap TP 2014/2015 untuk seluruh RA, MI, MTs, MA dan Pengawas Madrasah masih seperti semester kemarin menggunakan alat bantu form excel yang bisa do download di bawah atau link Emis Pendis.

Format dan tata cara pengisian form excel tidak jauh berbeda dengan semester ganjil TP 2014/2015. Hanya saja akan dilakukan penyempurnaan pada aplikasi dekstop Emis dan Aplikasi Emis Online untuk RA, Mi, MTs dan MA. Dan tidak ketinggalan bagi Pengawas Madrasah mulai  menggunakan Aplikasi Dekstop Emis dan Aplikasi Emis Online.

Pemutakhiran Data Emis semester genap TP 2014/2015 ini rencananya akan berakhir tanggal 30 April 2015. Bagi madrasah yang membituhkan form excel bisa mengunduh pada link di bawah ini.

PERHATIAN SEBELUM DOWNLOAD !!!
 





Bidang Madrasah

Bidang PD Pontren

Bidang PAI




Perguruan Tinggi Islam



Tuesday 3 February 2015

Fitur Baru Padamu

PADAMU NEGERI mulai semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 menerapkan fitur baru yaitu: Entri Jadwal Pembelajaran Kelas Mingguan. Fungsi dan tujuan dari fitur ini sbb:

1. Sebagai syarat utama proses keaktifan PTK secara kolektif, dimana dari isian jadwal ini sebagai dasar diterbitkannya surat ajuan keaktifan kolektif PTK oleh Kepala Sekolah (S25a) yang dirilis 23 Februari 2015 nanti. Bila Admin Dinas telah menyetujui (S25b) maka setiap PTK di sekolah tersebut diijinkan oleh sistem untuk cetak kartu digital masing-masing periode semester genap tahun ajaran 2014/2015. .  

2. Dari persetujuan Admin Dinas (S25b) maka sistem otomasi mencatatkan riwayat mengajar di portofolio para pendidik (guru) sesuai dengan jadwal mengajar di sekolah tersebut. Dengan demikian maka setiap Pendidik (guru) tidak perlu lagi mengisi riwayat mengajar di menu portofolio secara pengakuan manual baik untuk sekolah induk maupun non induk lokasi bertugasnya. 


3. S25a dan S25b juga untuk membantu pelaporan kondisi data pengajaran Pendidik (Guru) di setiap sekolah ke pihak Dinas pada semester aktif yang lebih valid sesuai kondisi sebenarnya. 


Berkenaan dengan hal tersebut, dalam proses isian jadwal dimaksud (terkait dengan S25a dan S25b), harap diperhatikan kelengkapan data-data pendukung sebagai berikut:

a. Data Siswa
Harap dilengkapi data individu siswa di setiap tingkat, data siswa ini juga harus didaftarkan di setiap rombel/kelas yang aktif, karena data siswa akan menjadi perhitungan otomatis sistem untuk melaporkan rasio guru:siswa dan rombel:siswa yang tercetak di S25a dan S25b. 

b. Data Rombel/Kelas
Harap dilengkapi data rombel/kelas setiap tingkat, data rombel/kelas ini menjadi dasar entri jadwal pengajaran mingguan di setiap rombel/kelas dan otomasi perhitungan rasio rombel:siswa dan rasion guru:siswa yang tercetak di S25a dan S25b. 

c. Data Kurikulum 
Padamu Negeri menyediakan master data kurikulum terpusat baik berbasis KTSP maupun K-13 berdasarkan standar kode mapel program sertifikasi guru periode 2015 (Sumber: Lampiran pada Buku 1 Pedoman Sertifikasi Guru 2015). Untuk itu pastikan melakukan sinkronisasi kurikulum sesuai panduan di sistem. Sekolah berhak menentukan penerapan kurikulum per tingkat yang berdampak terhadap daftar mapel yang disediakan oleh sistem saat melengkapi Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Kelas/Rombel dalam satu tingkat. 

d. Data Jadwal Pembelajaran Manual
Harap disiapkan Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Rombel/Kelas yang berlaku dan telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah sebelumnya sebagai dasar entri Jadwal Pembelajaran di Padamu Negeri. Padamu Negeri akan membantu proses validitas alokasi waktu mengajara para pendidik (guru) agar terjamin tidak terjadi bentrokan jadwal. 


Panduan selengkapnya dapat dipelajari di: 

  BULETIN MADRASAH  Buletin ini kami buat untuk bahan bacaan bagi para pembaca terutama siswa-siswi kami.